Yakkum Emergency Unit Membutuhkan Staf untuk Ditempatkan di Palu, Lombok, Lampung dan Yogyakarta

YEU merupakan salah satu unit kerja YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) dengan mandat melakukan tanggap bencana yang inklusif serta melibatkan masyarakat dalam kaji cepat serta distribusi bantuan. YEU juga memiliki mandat untuk membangun ketangguhan masyarakat melalui kegiatan pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim berbasis masyarakat. Kami membuka kesempatan untuk melakukan pelayanan kemanusiaan sebagai:

Penempatan Palu

  • Arsitek
  • Staf Logistik
  • Staf Keuangan
  • Staf Pembelian
  • Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi
  • Staf Pendamping Masyarakat Bidang Pengurangan Risiko Bencana
  • Staf Pendamping Masyarakat Bidang Penguatan Mata Pencarian
  • Staf Pendamping Masyarakat untuk Bantuan Langsung Tunai
  • Staf Pendamping Masyarakat untuk Pendamping Lansia
  • Staf Pendamping Masyarakat untuk Program Inklusi Difabel
  • Staf Pendamping Masyarakat untuk Program Air, Sanitasi dan Kebersihan serta Pembangunan Hunian
  • Staf Pendamping Masyarakat – Ahli Nutrisi

Penempatan Lombok

  • Arsitek
  • Staf Logistik
  • Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi

Penempatan Lampung

  • Staf Logistik
  • Staf Keuangan
  • Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi

Penempatan Yogyakarta

  • Housekeeping Staff untuk Disaster Oasis Training Center

SYARAT UMUM

1. Memiliki dan/ atau Penguasaan terhadap:

  • Berorientasi pada pemecahan masalah;
  • Memenuhi siklus PDCA (Plan Do Check Action) dalam menjalankan fungsi;
  • Pengorganisasian tim;
  • Kerjasama tim;
  • Komunikasi kelompok dan personal;
  • Tertib administrasi;
  • Membuat, membaca dan menganalisa progres kerja.

2. Pendidikan minimal S1.
3. Bersedia ditempatkan sesuai wilayah kerja yang telah ditentukan.
4. Mengikuti seluruh tahapan seleksi secara lengkap dan serempak.

*Untuk Housekeeping Staff untuk Disaster Oasis Training Center pendidikan minimal SMA.

Adapun Uraian Tugas dan Syarat Khusus yang akan diberikan adalah:

1. Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi

  • Melakukan administrasi umum, yang meliputi surat-menyurat, pengarsipan, dokumentasi data dan pencatatan untuk kebutuhan internal maupun eksternal;
  • Melakukan persiapan dan pelaksanaan pertemuan internal tim proyek maupun pertemuan lainnya yang berkaitan dengan proyek yang berjalan dan/atau lembaga berupa presensi, notulensi dalam pertemuan.
  • Bertanggung jawab terhadap proses maupun hasil rekam kegiatan proyek dan/ atau lembaga dalam bentuk tertulis dan audio-visual, yang meliputi (dan tidak terbatas pada) pengamatan, pengkajian, wawancara, pertemuan kelompok, kuesioner, survei, referensi pihak lain/ data, dan bentuk rekam kegiatan lainnya;
    • membuat laporan kegiatan sesuai format yang berlaku
    • pengiriman laporan kegiatan sesuai tenggat pengiriman yang berlaku, baik untuk kebutuhan publikasi umum, jejaring kemitraan dan/ atau donor.

Syarat Khusus: S1 dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif dan pasif.

2. Staf Logistik

  • Melakukan pencatatan serta pengarsipan terkait inventaris kantor dan gudang.
  • Melakukan pendistribusian barang kebutuhan lapangan, memonitoring sampai barang diterima di lapangan dan membuat laporan penerimaan barang (membandingkan Laporan pengiriman dan penerimaannya)
  • Melakukan pengelolaan dan perawatan aset peralatan kantor dan kendaraan kantor
  • Melakukan proses pembelian untuk kebutuhan kantor maupun kebutuhan program sesuai dengan SOP yang berlaku dan melakukan pengarsipan atas transaksi yang dilakukan
  • Mempersiapkan data administrasi untuk kepentingan audit monitoring.

Syarat Khusus: S1 dan memiliki pengalaman kerja di bidang terkait minimal 1 tahun.

3. Staf Keuangan

  • Mengelola dana atau kas kantor sesuai SOP Keuangan yang berlaku;
  • Membuat laporan keuangan area secara berkala
  • Mengelola mess dan kantor, termasuk didalamnya bertanggungjawab terhadap pembayaran-pembayaran rutin yang dibutuhkan untuk operasional kantor maupun mess seperti listrik, telepon dan pembayaran rutin lainnya serta sewa kantor dan mess, melalui staf di area (komunikasi dengan staf di area);
  • Melakukan fungsi kontrol bersama dengan Manajer Proyek terhadap penggunaan dana di lapangan sesuai dengan permintaan yang diajukan ke kantor pusat dan cash flow area;
  • Mempersiapkan data administrasi untuk kepentingan audit monitoring.

Syarat Khusus: S1 Jurusan Akuntansi atau memiliki pengalaman kerja di bidang keuangan minimal 1 tahun.

4. Arsitek

  • Bertanggung jawab pada pembangunan Rumah dan Toilet yang inklusif; dan
  • Melakukan asesmen bersama Tim Program Air, Sanitasi dan Kebersihan dengan masyarakat, dinas, dan atau komunitas yang relevan.

Syarat Khusus: S1 Jurusan Arsitek atau memiliki pengalaman kerja di bidang arsitek minimal 1 tahun.

5. Staf Pembelian

  • Menerbitkan Purchase Order (Pemesanan Pembelian) sesuai dengan Purchase Request (Permintaan Pembelian) yang telah disetujui dengan mengacu pada SOP (Standard Operational Procedures/ Prosedur Operasi Standar);
  • Melakukan kontrol atas pengadaan barang baik untuk kebutuhan kantor maupun kebutuhan program sampai dengan dilakukan penerimaan barang pada logistik;
  • Melakukan survei penawaran terhadap order barang yang dibutuhkan pada mitra-mitra kerja sehubungan dengan kepentingan administrasi kantor (melengkapi dan mengoptimalkan basis data pemasok dan penawaran) yang mengacu pada SOP;
  • Menjalankan proses pembelian sesuai SOP;
  • Melakukan pembaruan basis data vendor.

Syarat khusus: S1 dan memiliki pengalaman kerja di bidang terkait minimal 1 tahun.

6. Staf Pendamping Masyarakat (Bidang Pengurangan Risiko Bencana, Penguatan Mata Pencarian, Program Transfer Tunai, Pendamping Lansia, Program Inklusi, Program Air, Sanitasi dan Kebersihan serta Toilet Umum, Ahli Nutrisi)

  • Melaksanakan program respon bencana dalam bentuk pemberian dukungan psikososial yang dengan memasukkan unsur Bidang terkait;
  • Melaksanakan program pengorganisasian berbasis masyarakat untuk sektor terkait;
  • Melakukan pendampingan kepada masyarakat yang terkena dalam bentuk distribusi maupun pendampingan secara langsung dalam penyadaran, peningkatan kapasitas masyarakat, maupun perbaikan terhadap tempat pengungsian;
  • Bersama masyarakat/ dinas/ komunitas yang relevan untuk melakukan indentifikasi permasalahan, kerentanan, risiko dan kebutuhan serta potensi/ kapasitas yang ada di masyarakat secara partisipatif, menyepakati rencana aksi, serta mengembangkan ide-ide alternatif program yang inovatif sesuai masalah yang dihadapi oleh masyarakat dampingan;
  • Bertanggung jawab atas keluaran proyek dengan melaksanakan perencanaan program sesuai tujuan dan durasi waktu yang ada dalam pelaksanaan proyek sesuai dengan yang telah dirumuskan dalam bentuk rencana kerja dan logical framework lembaga dan konteks di masyarakat yang didampingi; dan menyusun kerangka acuan kegiatan sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan sesuai rencana kerja yang diajukan kepada Program Manajer.

Syarat Khusus: S1 sesuai jurusan terkait dan memiliki pengalaman berorganisasi.

7. Housekeeping Staff untuk Disaster Oasis Training Center

  • Melakukan cek terhadap pesan di logbook (buku catatan harian);
  • Menyiapkan perlengkapan dan peralatan kebersihan kamar tidur dan kamar mandi;
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan kamar tidur serta ruang meeting termasuk berfungsinya semua fasilitas yang ada di dalamnya;
  • Mengumpulkan cucian dan mengirimkan voucer laundry (cucian) tamu ke Front Office untuk penagihan;
  • Melakukan layanan room service (pelayanan ruang) atas permintaan tamu.

Syarat Khusus: memiliki pengalaman bekerja di bidang servis minimal 1 tahun.

Selanjutnya sistem rekrutmen yang perlu diikuti adalah:
1. Pengajuan aplikasi dalam bentuk Surat Lamaran dengan memberikan lampiran,

  • Daftar Riwayat Hidup/ Curiculum Vitae Lengkap;
  • Transkrip Nilai Akademik.

2.Aplikasi diterima paling lambat 10 Desember 2019

Kirim surat lamaran, CV dan transkrip akademik ke:

  • Jalan Kaliurang Km 12 Dusun Candi 3 Nomor 34, RT 03/RW 06, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
  • email: hrd.yeu.jogja@gmail.com dan yeu@yeu.or.id

 

Our Partners

Social Media

yakkumemergency